Pamekasan, Pojokkiri Madura

warga di Desa Kadur, dikejutkan dengan kejadian aneh yaitu adanya sumur bor menyemburkan Api Yang sangat besar di permukaan tanah. Atas kejadian itu viral hingga menjadi tontonan warga sekitar dan juga orang luar di Desa Kadur

Sementara Kapolsek Kadur AKP Tamsil Efendi, membenarkan bahwa telah terjadi semburan api di lokasi pengeboran tanah milik Junaidi, warga Dusun Kadur Barat Desa Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan.

“Tepatnya pada hari Kamis tanggal 11 Januari 2024 sekitar Pukul 07.00 Wib bertempat di lahan perkebunan Milik Junaidi, telah terjadi semburan Gas yang mengeluarkan api dari galian sumur bor dengan kedalaman galian kurang lebih 141 meter,” ungkapnya.

AKP Tamsil menjelaskan, sewaktu pemilik melakukan pengeboran diperkebunan miliknya guna mengecek semburan habis ngopi dengan masyarakat oleh Junaidi bor sumur yang Sebelumnya sudah mengeluarkan uap air sekitar bulan Desember 2023 dan sudah di cek oleh BPBD Pamekasan dan juga dari Surabaya kan tetapi pengeboran Yang mencapai kedalaman kurang lebih 141 meter Tetap terdengar gemuruh Uap air tidak kunjung selesai sampai mengeluarkan api tadi pagi pukul 07.00 wib dan seketika langsung menyembur di pipa pengeboran dengan Api semburan Yang besar.

“Semburan tersebut menarik perhatian masyarakat, mendengar ada informasi kejadian tersebut kami bersama anggota Polsek Kadur mendatangi TKP dan mengamankan lokasi untuk mengantisipasi kerawanan yang dapat ditimbulkan,”jelasnya.

Sementara tindakan yang dilakukan oleh Kapolsek Kadur Memasang police line dan melakukan koordinasi dengan BPBD dan Perekonomian Pemkab Pamekasan dalam hal ini SDA ( Sumber Daya Alam) guna mengantisipasi kejadian tersebut dan langkah – langkah antisipasi dampak yang ditimbulkan.

“Sampai saat ini semburan masih terjadi dengan tekanan dan debit air yang tetap berupa uap air berbau Gas serta sudah dilakukan pemadaman menggunakan Tangki air dan pipa peralon di ubah Arah ke atas agar semburan api mati,” pungkas AKP Tamsil Efendi. (kdr)