Bangkalan, Pojokkiri Madura

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan meminta masyarakat untuk waspada memasuki musim hujan. Bencana seperti longsor dan banjir kerap terjadi pada musim hujan.
Diprediksi bulan Januari hingga Februari tahun 2024 menjadi puncak musim hujan. Kepala Pelaksana BPBD Bangkalan Geger Heri Susianto mengatakan BMKG sudah memperkirakan puncak musik hujan tahun ini yaitu bulan Januari ke Februari.  

"Mudah-mudahan tidak terjadi bencana banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu kami imbau masyarakat untuk tetap waspada,” katanya, Kamis (04/01/2024).

Di Kabupaten Bangkalan ada dua kecamatan yang rawan menjadi langganan banjir yaitu Kecamatan Arosbaya dan Kecamatan Blega. Sementara untuk daerah rawan longsor yaitu Kecamatan Kokop, Galis dan Geger.

"Masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan bencana ini supaya berhati-hati. Apabila ada hujan deras kemudian terjadi bencana, segera lapor ke Kades, kemudian Kades melapor ke Camat, dan Camat melapor ke BPBD," imbuhnya. 
Saat ini BPBD telah mempersiapkan bantuan untuk mengantisipasi ketika nanti terjadi bencana baik banjir maupun tanah longsor. Bantuan yang telah disiapkan berupa dapur umum dan makanan siap saji.

"Namun kita berharap tidak terjadi bencana apapun pada musim hujan kali," tuturnya. (Eko/hms)